Pengertian CRM secara sederhana adalah sebuah pendekatan antara perusahaan dengan pelanggan. Pendekatan ini berperan penting dalam semua lini bisnis untuk memaksimalkan pemasaran.
Apa Itu CRM?
CRM atau Customer Relationship Management merupakan salah satu cara mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Tentu saja tujuannya untuk kebaikan bisnis yang dijalankan.
Pendekatan jenis CRM bisa bantu Anda mempertahankan pelanggan. Dalam hal ini, Anda bisa memaksimalkan proses komunikasi dan marketing melalui data kontak pelanggan yang tersimpan. Proses penerapan CRM sendiri menggabungkan kebijakan, proses, hingga strategi dalam kesatuan.
5 Jenis CRM yang Perlu Anda Ketahui
Setelah memahami pengertian CRM, selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja jenis-jenis dari pendekatan satu ini. Agar penerapannya tepat sasaran, berikut 5 jenis Customer Relationship Management(CRM):
1. Operasional
Jenis CRM pertama adalah operasional. Jenis satu ini memiliki fungsi utama berupa mempersingkat dan mengotomatiskan sales serta marketing dari biaya operasional perusahaan.
Selain itu, proses pelayanan pada strategi ini juga menjadi poin penting yang harus dikembangkan. Sebab, nantinya akan menghasilkan konsumen atau pelanggan yang memiliki prospek besar bagi bisnis.
2. Analitis
Berikutnya ada analitis. Seperti namanya, jenis CRM perusahaan ini memiliki fungsi untuk menganalisis dan memberikan data tentang pelanggan. Seluruh data pelanggan yang berhubungan dengan bisnis Anda akan ditampilkan secara lengkap.
Lewat strategi CRM ini, maka bisnis Anda akan lebih mudah mengambil keputusan yang tepat. Dampak baiknya akan berpengaruh besar terhadap penjualan dan pendapatan.
3. Kolaboratif
Jenis CRM satu ini lebih fokus kepada kinerja para customer service dalam memberikan informasi atau solusi kepada pelanggan. Selain dua hal ini, customer service juga harus bisa mendukung setiap divisi, agar kolaborasi berjalan baik dan tujuan bisnis pun tercapai dengan maksimal.
Jika kolaborasi yang terjalin antara customer service dengan tim lainnya tidak berjalan baik, maka akan muncul permasalahan internal yang mengganggu keberlangsungan bisnis Anda.
4. Manajemen
Jenis keempat ada manajemen. Pengertian CRM jenis satu ini hampir mirip dengan Customer Relationship Management jenis operasional dan analitis. Sebab, CRM manajemen menggunakan fokus yang sama untuk tujuannya.
Bedanya, proses sistem CRM manajemen menggabungkan strategi operasional dan analitis dalam satu kesatuan, untuk mencapai tujuan bisnis. Jadi, Anda membutuhkan wawasan dan data pelanggan untuk menerapkan CRM manajemen ini.
5. Strategis
Jenis kelima ada strategis. Customer Relationship Management jenis terakhir ini berfokus pada pelanggan. Artinya, perusahaan akan berusaha meningkatkan hubungan dan interaksi dengan pelanggan lebih maksimal lewat CRM strategis.
Jika tepat sasaran, CRM strategis akan memberikan dampak baik berupa terjalinnya hubungan yang baik dengan pelanggan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini juga bisa menimbulkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis yang Anda jalankan.
Manfaat CRM dalam Sebuah Bisnis
Merujuk dari pengertian CRM yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, maka penerapan pendekatan ini sangat memberikan manfaat baik terhadap bisnis Anda. Berikut beberapa manfaat CRM yang penting terhadap keberlangsungan bisnis:
1. Menimbulkan Loyalitas Pelanggan
Manfaat pertama tentu saja mendorong terciptanya loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. Untuk mendapatkan manfaat satu ini, Anda harus memanfaatkan informasi pelanggan sebaik mungkin.
2. Operasional Kerja Lebih Efisien
Kedua, bantu meningkatkan efisiensi operasional kerja. Lewat pendekatan Customer Relationship Management (CRM) ini, operasional kerja bisnis Anda akan lebih efisien.
Hal ini terjadi karena CRM bantu memberikan kemudahan dalam penjualan produk dan layanan kepada pelanggan. Bahkan CRM bisa bantu meminimalisir penurunan kualitas pelayanan serta beban cash flow.
3. Meningkatnya Time to Market
Informasi atau data pelanggan yang tersimpan bisa bantu meningkatkan time to market. Sehingga, Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk melakukan pemasaran dan penjualan produk.
4. Meningkatkan Pendapatan
Manfaat pendekatan CRM terakhir adalah bantu meningkatkan pendapatan. Hal ini terjadi karena adanya loyalitas dari pelanggan, operasional kerja yang efisien, dan terciptanya time to market.
Jadi, seluruh manfaat dari CRM ini saling berhubungan untuk mencapai tujuan utama dari bisnis, yaitu meningkatnya omset penjualan dan mendapatkan pendapatan secara optimal.
Strategi CRM yang Baik dan Benar
Dalam penerapannya, pendekatan CRM butuh strategi yang matang. Berikut beberapa strategi Customer Relationship Management yang baik dan benar:
1. Visi yang Jelas
Visi yang jelas akan membantu Anda mudah mencapai tujuan bisnis. Kejelasan visi nantinya menjadi dasar dalam peningkatan sales dan marketing.
2. Menjalin Komunikasi yang Baik
Seperti pengertian CRM, pendekatan ini lebih fokus terhadap hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Jadi, Anda harus menjalin hubungan lewat komunikasi yang baik.
Anda juga harus bisa memberikan solusi terbaik sesuai dengan permasalahan pelanggan. Sampaikan solusi dengan bahasa yang sopan dan kalimat yang jelas.
3. Mengapresiasi Pelanggan
Bentuk apresiasi yang bisa Anda terapkan, antara lain diskon, voucher, giveaway, dan promo menarik lainnya. Hal ini juga akan bantu membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.
Sudah Tahu Bagaimana Menerapkan CRM yang Tepat untuk Bisnis?
Itulah informasi seputar pengertian CRM yang memiliki peran penting terhadap keberlangsungan bisnis. Anda bisa menerapkan pendekatan satu ini dengan mengikuti strategi di atas.